Saturday, September 7, 2013

The Conjuring (2013) Review

The Conjuring, film bergenre horor thriller yang dikeluarkan tahun 2013 ini diadopsi dari kisah nyata. Berlatar belakang tahun 1970-an di daerah bernama Rhode Island.
Image

SINOPSIS:
The Conjuring menceritakan tetang kisah Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Farmiga) yang merupakan pasangan suami-isteri cenayan dan paranormal investigation dalam menangani kasus yang menimpa keluarga Perron. Keluarga Perron terdiri dari seorang ayah bernama Roger (Ron Livingston), ibu bernama Carolyn (Lili Taylor), dan 5 anak perempuan bernama Andrea (Shanley Caswell), Nancy (Hayley McFarland), Chrisitine (Joey King), Cindy (Mackenzie Foy), dan April (Kyla Deaver). Dengan dibantu oleh asisten mereka, Drew (Shannon Kook) serta seorang polisi bernama Brad (John Brotherton), Ed  dan Lorraine berusaha memecahkan kasus tersebut. Menurut mereka, kasus yang ditangani kali ini bukan kasus biasa, karena setan yang ada begitu kuat.
Mengenai keluarga Perron, mereka merupakan keluarga yang bahagia. Orangtua dengan 5 anak perempuan yang baru pindah rumah ke sebuah rumah besar di dekat danau dengan halaman yang luas. Dari awal kepindahan mereka, sesuatu yang aneh perlahan muncul satu persatu. Pertama, anjing mereka menolak untuk masuk ke rumah tersebut dan memilih untuk terus menggonggong di luar. Kemudian keesokan harinya, anjing itu mati.
Sejak kepindahaan mereka, Carolyn, sang ibu, mendapat memar di sekujur tubuhnya. Semakin lama memar itu bertambah banyak. Tidak ambil pusing, Carolyn dan Roger hanya menganggap itu sebagai memar biasa yang kemudian diperiksakan ke dokter. Tapi, ternyata mereka salah. Selain itu, pernah suatu ketika Carolyn bermain semacam petak umpet (tapi dengan mata tertutup dan clue untuk menemukan lawan adalah berupa tepukan tangan) dengan April. Ada yang aneh. Ia yakin ia telah benar mengikuti suara tepukan tangan yang menuntunnya ke lemari di kamar Andrea, tapi ternyata lokasi bersembunyi April justru bertolak arah dengan kamar Andrea.
April, si bungsu yang umurnya masih sekitar 5 tahun (ini prediksi doang)  menemukan sebuah mainan semacam kotak musik di dekat danau. Ia kemudian membawanya pulang. Bukan hanya sekadar mainan ternyata, kotak musik itu bisa memanggil teman bermain khayalan April bernama Rorry.
Cindy, anak keempat keluarga Perron memiliki kebiasaan mengigau sambil berjalan saat tidur. Selama beberapa malam, ia selalu berjalan ke arah sebuah lemari di kamar Andrea ketika tidur dan menjeduk-jedukkan kepalanya ke lemari tersebut.
Christine, anak yang terlihat paling tomboy ini mengalami hal yang aneh. Ia sering merasa kakinya ditarik ketikaa tidur. Awalnya, ia pikir itu adalah Nancy, yang tidur bersamanya dalam satu kamar, tapi kemudian ia sadar bahwa bukan Nancy yang melakukannya.
Nancy yang tidur bersama Christine tak pernah merasakan keanehan apapun. Ia justru heran dengan sikap Christine. Namun ternyata ia juga merasakan keanehan. Rambutnya ditarik dan tubuhnya terlempar tiba-tiba.
Andrea, si sulung dari awal sudah merasa ada yang aneh di rumah tersebut. Ia merasa ada bau busuk di rumah itu. Bau seperti bangkai. Selain itu, ia merasa sedikit takut dengan kebiasaan Cindy yang menjedukkan kepalanya ke lemari di kamar tidurnya. Sampai suatu ketika ia tau makhuk yang ada di lemari tersebut.
Sedangkan Roger, ia hanya merasa aneh dengan sebuah ruang bawah tanah yang tersembunyi. Beberapa kali, pintu ruang bawah tanah itu terbuka dengan sendirinya.
Melihat banyak keanehan yang muncul dan semakin menjadi, Carolyn akhirnya memutuskan untuk meminta bantuan dari Ed dan Lorraine untuk menyelidiki rumahnya. Ketika mereka berdua berkunjung dan melihat-lihat, Lorraine merasakan aura yang sangat berbahaya. Akhirnya mereka memutuskan untuk menyelidiki kasus ini dengan serius. Dengan berbagai peralatan yang dipasang di setiap sudut ruangan, rekaman suara, kamera, dll.
Setelah diselidiki, ternyata rumah tersebut memang memiliki sejarah yang panjang dan mengerikan. Setan yang bersembunyi awalnya, akhirnya mulai menampakkan diri. Bukan hanya satu. Bahkan merasuki tubuh Carolyn dan menghendaki Carolyn untuk membunuh anaknya sendiri.
Lalu bagaimanakah akhirnya? Apakah hantu yang berada di tubuh Carolyn berhasil membunuh April dan Catherine? Hantu apa saja yang ada di rumah tersebut? Bagaimana perjuangan Ed, Lorraine, Drew, dan Brad dalam menyelamatkan keluarga Perron dan mengusir setan di rumah tersebut?
Silakan menontoon! (: Dijamin keren. Menegangkan. Seru. Dan ini diadopsi dari kisah nyata yang berarti itu bisa terjadi di dunia kita. Itu poin yang bikin film ini jadi terkesan sangat mengerikan. Terus The Conjuring ini juga nggak terlalu lebay hantunya. Pokoknya keren deh. Buat Anda yang emang jago nonton horor, film ini menurut saya hampir sama dengan Paranormal Activity 4 yang dicampur dengan Insidious. *nahlo.


No comments:

Post a Comment